Thursday, April 30, 2015

PENGALAMAN SAYA DALAM BERKELOMPOK/BERORGANISASI

Setiap orang pasti pernah berkelompok atau berorganisasi untuk mencapai tujuang yang sama , termasuk saya . Kali ini saya akan menceritakan pengalaman berorganisasi di lingkungan rumah yaitu Karang Taruna . Pertama-tama saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu organisasi karang taruna.Karang Taruna adalah organisasi kepemudaan di Indonesia. Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa / Kelurahan atau komunitas sosial sederajat, yang terutama bergerak dibidang kesejahteraan sosial.

 Sekarang saya akan menceritakan pengalaman saya dalam menyelenggarakan acara 17 agusutusan . Dikarenakan susah untuk mencari waktu untuk berkumpul , kamipun hanya menyiapkan acara tersebut dalam waktu 2 minggu . dimulai dengan rapat karang taruna banyak keputusan yang diambil dalam rapat tersebut . misalnya membagi tugas masing masing anggota , mengmpulkan dana sumbangan kepada warga , mensosialisasikan acara ,memilih lomba yang diadakan , memilih hadiah , mencatat perlengkapan dan peralatan , dan memasang umbul-umbul H-3 sebelum perayaan . dalam 2 minggu ini kami giat melaksanakan tugas tugas yang sudah diberikan . tibalah saat hari H perayaan 17 agustus , dimana semua anggota harus berkumpul pada pagi hari  , dan dikoordinir oleh ketua. Ada yang menyiapkan bagian peralatan lomba , menyiapkan sound, menyiapkan sncak untuk dibagikan , dan memberitahukan kepada warga kalau acara akan dimulai .
Setelah itu pada malam harinya ada acara pembagian hadiah dan malam kumpul warga dengan acara seperti makan bersama , karaoke bersama ,silaturahmi antar warga .
Kami bersyukur acara itu berjalan sesuai rencana kami . walaupun melelahkan tapi kami melakukannya dengan senang hati dan bangga bisa melakukan sesuatu terhadap lingkungan sekitar .


Demikian cerita pengalaman saya dalam berorganisasi . selama mengikuti karang taruna banyak sekali manfaat yang saya dapatkan yaitu , bisa akrab dan berbaur kepada warga , memahami pendapat orang lain , mengambil keputusan secara bijaksana ,bekerja sama dengan orang lain ,bertukar informasi , berdisiplin . semoga tulisan ini bermanfaat untuk yang membaca .

No comments:

Post a Comment