Wednesday, June 3, 2015

Gaya kepemimpinan saya jika menjadi pemimpin di dalam organisasi

Apabila saya dipercaya menjadi pemimpin dalam organisasi , mungkin saya akan memilih gaya kepemimpinan demokrasi , alasannya adalah karena gaya tersebut menurut saya gaya yang paling pas pada arti penting kepemimpinan itu sendiri , dalam  gaya kepemimpinan demokratis itu ,Pemimpin memberikan wewenang secara luas ke bawahan. Setiap ada permasalahan selalu mengikutsertkan bawahan sebagai tim yang tangguh . Dalam gaya kepemimpinan demokratis pemimpin memberikan banyak informasi tentang tugas serta tanggung jawab para bawahannya .
Saya juga akan membiasakan  untuk bersikap jujur baik itu atasan maupun bawahan , menuntun segala hal kepada bawahan  , bersikap tegas  tapi santun dalam hal pekerjaan, berbaur bersama bawahan agar tidak terjadi kesenggangan dan berwibawa sebagai pemimpin
Perilaku seorang pemimpin akan memperoleh tanggapan atau reaksi dapat berupa sikap atau perilaku bawahan. Reaksi bawahan tersebut meliputi gerakan badan ,ucapan . tanggapan tersebut dapat bersifat terang-terangan atau sembuni sembunyi .dan itu akan menimbulkan konflik  

Cara saya menghadapi konflik yang terjadi adalah dengan cara:
1. Bijaksana
Karena Seorang pemimpin itu harus bijaksana dalam menyelesaikan konflik.bijaksana dalam hal dapat mendengar penjelasan dari yang berkonflik.
2. Berfikir Adil
Setelah mendengarkan penjelasan dari yang berkonflik tadi barulah dapat mengambil keputusan (tapi yang adil) yang bener yah bener yang salah ya yang salah tanpa melihat orang itu sapa saya.
3. Ajak Duduk bersama dengan yang berkonflik untuk bicara penyelesaian konflik tersebut.
4. Setelah itu cari solusi yang tepat yang menyelesaikan konflik ini.
5. Bicarakan solusi tersebut ke yang berkonflik itu.
6. Lalu damaikan yang berkonflik agar rukun seperti semula.

No comments:

Post a Comment