Friday, March 11, 2016

Hal hal yang harus dilakukan sebelum terjun ke dunia kerja

Untuk kalian yang muda dan belum memasuki dunia kerja , gunakanlah tips tips dibawah ini Agar kalian tidak menyesal bila anti terjun ke dunia kerja

1.      Travelling/Liburan

      Anak muda memang identik dengan perilaku hura-hura/senang-senang . Bersenang-senang memang bisa dilakukan dengan banyak kegiatan . Salah satu kegiatan yang mempunyai banyak manfaat sebelum terjun ke dunia kerja adalah Travelling . dengan Travelling tentu saja kepenatan kita akan hilang . Selain dari itu kita juga bisa mempelajari banyak hal . Kita bisa bersosialisasi dengan warga setempat , mempelajari budayanya, menambah wawasan kita dan masih banyak lagi .Apabila kita membawa kamera , kita juga akan mendapatkan bonus foto dengan latar belakang yang indah tentunya .Perbanyaklah Travelling dan kunjungilah alam semesta ini agar kita lebih open minded .Selagi muda lakukan semaksimal mungkin karena biasanya kalau sudah bekerja waktu kita akan terbatas . Jangan dirumah saja Indonesia itu indah . 
2.      Berpendidikan

 Selagi muda dan mampu , kejarlah pendidikan setinggi mungkin. Apabila kita mau bekerja di perusahaan , tentunya ada syarat dari perusahaan tersebut .Misalnya perusahaan melihat dari pendidikan terakhir ,Akreditasi Perguruan tinggi/Sekolah, Nilai di Ijazah, dan sertifikat-sertifikat skill yang dikuasai.  Jika sudah berpendidikan tentunya lebih mudah mendapatkan pekerjaan . Jika masa muda dilewatkan tanpa Sekolah pastinya kalian akan menyesal suatu saat .

3.      Bergaul

Kita ini ditakdirkan sebagai makhluk sosial .Kita tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain ,maka dari itu kita jangan bersikap anti sosial. Selagi masih muda banyaklah bergaul . Bertemanlah dengan orang-orang yang bertindak positif dan kalian percayai . Ada istilah ,jika kita berteman dengan tukang parfum kita akan kecipratan wanginya .Maka dari itu kita harus pintar memilih teman yang membawa kita ke kebaikan . Dengan bergaul kita juga bisa membangun relasi . Siapa tau kita mendapatkan pekerjaan dari salah satu relasi tersebut .

4.      Menjadi volunteer


Selagi  masih muda dan belum disibukkan dengan pekerjaan, kamu bisa memanfaatkan waktu luangmu sebagai volunteer.jangan dulu memikirkan tentang uang pikirlah pengalaman yang akan kita dapatkan .Pengalaman itu sangat mahal dan tidak dapat dibeli .Selain itu dapat mengisi waktu luang, banyak hal yang bisa kamu pelajari. Bukan soal teori yang diajarkan di kelas, tapi juga soal nilai-nilai dalam kehidupan.


5.      Membentuk kepribadian

Sebelum terjun ke dunia kerja , cobalah untuk menjadi pribadi yang dewasa . Memang manusia tidak ada yang sempurna tapi kita bisa meminimalisasinya . Tinggalkan sifat kekanak-kanakan kita dulu dan jangan banyak mengeluh karena di dunia kerja tidak akan terpakai pribadi seperti itu . Cobalah menjadi pribadi yang berpikir positif ,optimis, bertanggung jawab,rasional dan mampu bersosialisasi dengan baik . Apabila kepribadian kita sudah baik tentunya di dunia kerja , rekan kerja kita juga akan bersikap baik .

Itulah pendapat saya mengenai hal hal yang harus dilakukan sebelum terjun ke dunia kerja. Semoga bermanfaat dan kelak kalian akan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan .

No comments:

Post a Comment