Sunday, March 20, 2016

KEUNIKAN VESPA EXCEL


Kali ini saya akan mendeskripsikan keunikan motor Vespa Excel .Kenapa Vespa Excel ? Karena saya masih memiliki dan mengendarainya sehari-hari.Mari kita bahas keunikannya :
1.       Motor paling fenomenal di zamannya
Sekitar tahun 90an motor ini di produksi oleh PT. DAN Motor Indonesia selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Vespa di tanah air. Masyarakat cukup antusias dengan kehadiran skuter ini . Dulu sudah menjadi rahasia umum ,Vespa Excel sering digunakan Pegawai negeri atau guru dalam berkegiatan .
2.       Canggih menggunakan electric starter
PT.DAN Motor Indonesia melakukan trobosan bagus dalam memproduksi  Vespa Excel ini .Fitur electric starter ini pertama dalam sejarah Vespa .Dengan dibekali fitur elektrik stater untuk mempermudah dalam meyalakan mesin , motor ini tercanggih di zamannya .
3.       Desain Mewah dan Modern
Dengan bodi yang lebih besar dari saudaranya Vespa PX150E atau Exclusive membuatnya lebih nyaman dan stabil untuk dikendarai apalagi dalam menempuh perjalanan yang cukup jauh.Dengan headlamp berbentuk kotak dan dilengkapi windshield membuat motor ini terkesan modern .Jok yang sudah menyatu juga membuat anda nyaman dalam berkendara .
4.       Mesin tangguh dan lebih cepat dari vespa lain
Dengan memakai tehnologi mesin 2 tidak 150cc pendingin hawa, bore x stroke 57. 0 x 58. 0mm, pengapian cdi, bertransmisi 4 percepatan, pertama pada blok silinder ada 3 lubang transfer, ukuran venturi karburator semakin besar dari pendahulunya, ukuran lubang isap pada crack case juga telah dimodif agak besar, memiliki diameter piston semakin besar dari sang kakak (58mm), laher bandul memakai diameter yang semakin besar, jenis rumah kopling serta koplingnya sendiri juga semakin besarrangka body monoque, hingga dapat bikin skuter ini digeber hingga batas kecepatan 110kph keadaan standard pabrik.
5.       Jadi pusat perhatian
Mengendarai semua seri vespa memang memiliki sensasi sendiri bagi pengendaranya .Bentuknya yang unik dan melegenda menjadi perhatian tersendiri bagi yang melihatnya .Ditambah lagi pengendara sesame Vespa sering tegur sapa bila berpapasan . Dengan begitu ,menambah erat solidaritas antar pengguna Vespa
6.    Generasi terakhir skuter produksi PT.DanMotor Indonesia

Seiring dengan keberadaan mesin motor 2 tak yang dianggap sebagai biangnya polusi udara maka dealer serta dukungan sales, sevice dan spareparts-nya pun semakin berkurang di Indonesia.Dan juga akibat kalah bersaing dari produsen motor Jepang yang memproduksi motor 4tak dengan harga yang murah .Akhirnya pada tahun 2007 PT.DanMotor menghentikan produk seri Excel dan tidak memproduksi  skuter lagi.Bersamaan dengan ditutupnya tempat perakitan.

No comments:

Post a Comment